Fire Foam System – Perlindungan Area Minyak

Fire Foam System adalah sistem perlindungan kebakaran dengan menggunakan campuran minyak dan busa (Foam). Sistem kerjanya dengan menutup media yang terbakar agar tidak mengeluarkan hydrocarbon yang memicu api ketika bertemu dengan Oxygen. Media busa ini sangat efektif untuk memadamkan api yang disebabkan oleh Cairan yang mudah terbakar. Contoh dari bahan cairan yang mudah terbakar adalah : Solar, Bensin, Thinner dan sebagainya (tidak termasuk kebakaran yang disebabkan oleh minyak goreng)

Fire Foam System Vertical Tank
Foam System Dengan Tank Vertical
Fire Foam System Fatiha ALam Semesta
Fire Foam System Skala Besar

Dalam sistem busa yang sudah modern, konsentrat busa dicampur dengan air, biasanya dalam rasio dari 3% hingga 6% dan melewati komponen atau alat aerasi sehingga menciptakan busa yang semburannya memiliki rasio ekspansi yang bervariasi sesuai dengan rancangan :

  • 7,5% hingga 20% untuk Ekspansi tingkat Rendah
  • 20% hingga 250% untuk Ekspansi tingkat Sedang, dan
  • 250% hingga 1000% untuk Ekspansi Tingkat Tinggi

Yang harus diperhatikan dalam Fire Foam System

Berikut ini adalah beberapa yang yang harus diperhatikan sebelum memasang Foam System :

  • Jumlah busa yang dibutuhkan berbeda-beda disesuaikan dengan jenis material dari area yang dilindungiserta jenis tangki bladder yang digunakan. Waktu pengaplikasian juga berbeda disesuaikan dengan jenis material masing-masing
  • Jumlah stok dari compound busa harus dijaga agar memenuhi dua kali lipat dari kebutuhan busa untuk menutupi area yang dilindungi.
Fire Foam System Tank Storage
Fire Foam System Storage Tank

Berbagai macam Busa Fire Foam System

Macam-macam konsentrat busa yang digunakan dalam foam system adalah :

1. Foam konsentrat AFFF 1%S (Adequos Film Film Foaming / AFFF) adalah bahan yang terdiri dari Fluorocarbon and Hydrocarbon surfactants yang dicampur dengan bahan pelarut, bahan pengawet dan stabilisator. Busa membentuk selimut (film) air yang dengan cepat memotong pasokan oksigen dan mmadamkan api. Busa yang diperluas, dari mana film dikeringkan, membentuk selimut stabil yang menekan pelepasan uap yang mudah terbakar dan mendinginkan permukaan bahan bakar memadamkan api dan mencegah penyalaan kembali. Ketegangan permukaan yang rendah dari larutan busa air memungkinkan film berair, meskipun lebih berat dari uap yang menyala, mengapung di atas permukaan cairan.

    • Bahan ini Efektif memadamkan kebakaran kelas A

 

2. Foam ARC 3X3S C6 Anti Resistant Aqueous Film Foarming Foam (AR-AFFF) yang terdiri dari surfaktan fluorocarbon dan hidrokarbon yang dicampur dengan berbagai pelarut, pengawet dan stabilisator. Hampir sama dengan AFFF namun ditambah lapisan polymer. Dengan penambahan polimer khusus itu juga sangat efektif terhadap cairan pelarut polar. Busa yang diperluas dan lapisan film dikeringkan, membentuk selimut stabil yang menekan pelepasan uap yang mudah terbakar dan mendinginkan permukaan bahan bakar yang dilindungi, lalu memadamkan api dan mencegah terjadinya api kembali. Ketika digunakan untuk memadamkan api pada bahan bakar pelarut polar, akan terbentuk membran polimer dan selimut busa yang diciptakan sangat efektif memadamkan api. Proses ini bekerja pada busa yang menghancurkan cairan pelarut polar seperti pada bensin cairan MTBE murni atau campuran bensin dan MTBE.

    • Efektif memadamkan kebakaran Kelas A dan B

 

3. Foam Konsentrat AFFF 3%S C6, hampir sama dengan bahan AFFF pertama, kadarnya yang ditingkatkan 3%, membuat busa ini lebih cepat membuat lapisan selimut, dan menutupi area yang dilindungi dan memadamkan api.

    • Efektif untuk memadamkan api kelas A dan B yang berbahan Hydrocarbon

 

4. Foam Konsentrat Flouroprotein (FP) 6% C6 adalah surfactants flouroprotein yang secara cermat membentuk senyawa busa protein cair. Dan inilah yang memastikan terbentuknya selimut yang stabil dan lebih cepat memadamkan api. Flourosurfaktan yang larut dalam air membuat busa hidrokarbon menolak dan mengurangi jumlah partikel terbakar yang diserap oleh busa dalam memerangi kebakaran bahan bakar hidrokarbon. Setelah pemadaman kebakaran telah telah dicapai stabilitas tinggi selimut busa memastikan terhadap risiko pengapian kembali dan memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap pembakaran kembali jika ada kantong api yang tidak dapat diakses tetap ada.

    • Efektif untuk memadamkan api kelas B dari Hydrocarbon.

Komponen-komponen Fire Foam System

Komponen yang mendukung Foam System diantaranya adalah :

  • Bladder Tank
Bladder Tank Foam System
Bladder Tank
  • Foam Pump Proportioning System
Foam Pump Proportioning
  • In-Line Balance Pressure Proportioner
  • In-Line Foam Inductor
  • Foam Maker
  • Rim Seal Foam Pourer
  • Foam Chamber
  • Foam Aspirating Nozzle
Beberapa Komponen dari Fire Foam System

Demikianlah artikel tentang Fire Foam System dari kami.

Jangan tunggu Aset Anda dihanguskan oleh api, lindungi sekarang juga dan konsultasi dengan kami via Email
Atau telp ke nomor telp di bawah ini

Pin It on Pinterest

Share This
WhatsApp Chat WhatsApp us