Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Sistem Alarm Kebakaran Konvensional dan Addressable. Sekarang kita akan membahas mengenai Sistem Alarm Kebakaran Semi Addressable. Sistem ini adalah gabungan antara Sistem Konvensional dan Addressable, oleh karena itu di luar negeri lebih dikenal dengan sistem Hybrid. Untuk lebih jelasnya marilah kita perhatikan gambar di bawah ini.

Sistem Alarm Kebakaran Semi Addressable

Gambar 1. Single Line Diagram Sistem Alarm Kebakaran Semi Addressable

Panel kontrol yang digunakan adalah panel Adressable, sebelah kana dari garis biru yang berisi detektor dan device adalah konvensional. Agar bisa berkomunikasi dengan panel maka dipasang module. Jika pada manual pull station dan detektor dipasang monitor module. Untuk sistem semi dipasang Zone Interface Module atau lebih dikenal dengan Zona Module.

Mircom-MIX-502MAP-Zone-Interface-Module

Gamabr 2. Mircom MIX-502MAP Zone Interface Module

Zona Module yang digunakan adalah Mircom tipe MIX-M502AP. Yang mempunyai fitur sebagai berikut :
– Menggunakan protokol AP (159 alamat)
– Bisa bekerja pada voltage 15 – 20 VDc
– Arus Alarm maksimum : 5,1 mA
– Arus rata-rata : 90 mA
– Bisa bekerja pada suhu 0°C – 49°C.
– Jumlah maksimum detektor Asap yang bisa di monitor adalah 20 buah

Cara Kerja Sistem Alarm Kebakaran Semi Addressable

Seperti yang anda lihat pada gambar 1. di bagian paling kanan terlulis zona 1 hingga 6. Jika terjadi kebakaran pada area perlindungan Zona 5, kemudian salah satu detektor pada area tersebut aktif, maka module zona paling atas sendiri akan aktif, dan kemudian panel akan memberikan pemberitahuan kebakaran. Demikian juga jika salah satu detektor pada zona 6 aktif mendeteksi api, maka zona module nomor 2 dari atas akan ikut menyala dan mengirimkan sinya ke panel kontrol, dan seterusnya.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Alarm Kebakaran Semi Addressable

Adapun kelebihan dari sistem ini adalah :

  • Harga dari detektor dan perangkat konvensional 20-30% lebih murah.

Sedangkan kekurangan dari sistem ini sama dengan sistem konvensional, yaitu

  • Kita tidak bisa langsung tahu lokasi tepat dimana terjadi kebakaran, jika dalam satu zona banyak ruangan.
  • Meningkatkan biasaya kabel, karena dengan sistem konvensional yang kabelnya harus terpasang secara paralel, sehingga kabel ayng digunakan lebih panjang, dan selanjutnya;
  • Meningkatkan biaya pemasangan

Siapa yang yang menggunakan Sistem Alarm Kebakaran Semi Addressable ini?

Kami sering sekali mengadakan survey karena diundang oleh Customer yang sistem alarm kebakarannya mengalami gangguan, atau mereka ingin berkonsultasi apakah sistem yang mereka miliki sudah memenuhi standar. Bahkan beberapa customer yang sistem alarm kebakaran mereka sudah lama dinonaktifkan karena mengalami masalah, namun saat ini karena pertimbangan aset yang harus dilindungi.

Beberapa Pabrik dan Apartemen yang memasang sistem alarm kebakaran sekitar tahun 1900-an banyak sekali yang menggunakan sistem semi addressable. Untuk yang bangunan pabrik biasanya karena sistem lama yang terpasang konvensional dan detektornya masih banyak yang berfungsi dengan baik. Maka mereka minta agar diganti panel kontrolnya saja dan penambahan zona interface module.

Ada customer juga yang setelah kami berikan penawaran untuk mengganti dengan sistem addressabale dan beberapa keuntungan, serta menimbang lebih berharganya asset mereka dibandingkan dengan harga investasi sistem alarm kebakaran, mereka pun menganti seluruh sistem dengan instalasi baru.

Demikian pembahasan kami mengenasi Sistem Alarm Kebakaran Semi Addressable
Selanjutnya kami akan membahas mengenai SIstem Alarm Kebakaran Network

Lindungi segera asset anda dengan menghubungi nomor telephone kami di 021-884-9999 atau bisa email kami di sales@fatiha.co.id atau bisa menggunakan mengisi formuli di Contact US

Berkonsultasi lewat aplikasi WhatsApp langsung saja menggunakan tombol sebelah kanan bawah.

WhatsApp Chat WhatsApp us