Condensed Aerosol Firepro Cara Kerja Memadamkan Api. Apakah Condensed Aerosol? Menurut unsur katan terdiri dari 2 kata, yaitu Aero = gas, dan Sol artinya padat. Singkatnya adalah gas padat. Di dalam gas aerosol terdapat partikel padat yang sangat halus (atau lebih dikenal dengan mikropartikel). Gas ini dihasilkan oleh proses eksotermik.
Contoh yang bisa kita lihat sehari-hari aerosol adalah awan.

Condensed Aerosol Firepro Cara Kerja Memadamkan Api

Condensed Aerosol Firepro Cara Kerja Memadamkan Api

Apakah bahan dari Condensed Aerosol?

Sebelum berubah menjadi gas padat, bahan ini disebut Solid Aerosol Forming Compound. Bahan utamanya adalah Kalium dalam bentuk struktur K2SO4 atau potasium carbonate. Mengapa dipilih Kalium? Karena menurut penelitian Ilmuwan Kalium memiliki struktur yang stabil, sehingga bisa menarik radikal bebas dari api.

Cara Kerja Condensed Aerosol Firepro

Segiempat Unsur Pembentuk Api

Segiempat Unsur Pembentuk Api

Segiempat Unsur Pembentuk Api

Mari kita perhatikkan unsur-unsur apa saja yang bisa membentuk api. Dalam segiempat unsur pembentuk api terdapat :
1. Oksigen (O2)
2. Bahan Bakar (Fuel)
3. Panas (Heat)
4. Rantai Reaksi Kimia(Chemical Chain Reaction).
Untuk dapat mematikan api, maka media pemadam harus menghilangkan atau mengurasi keempat unsur tersebut.

Media pemadam dengan bahan dasar air dan gas lain menggunakan efek pendinginan untuk mengurangi kadar panas, serta mengurangi titik bakar bahan bakarnya.

Media Pemadam Inert Gas dan CO2 bekerja dengan mengurangi kadar Oksigen di udara, sehingga api padam.

Sedangkan Condensed Aerosol FirePro bekerja dengan memutus rantai reaksi kimia pada api. Yaitu dengan mengikat unsur radikal bebas dari api. Sehingga secara keseluruhan tidak mengganggu manusia dan lingkungan sekitar area yang dilindungi.

Untuk lebih jelasnya marilah kita perhatikan gambar berikut ini yang menerangkan proses pemadaman api.

Cara KerjaCara Kerja Condensed Aerosol FirePro

Cara Kerja Condensed Aerosol FirePro

  1. Api sebenarnya adalah sebuah reaksi kimia dengan unsur-unsur radikal bebasnya adalah O,H dan OH.
  2. Setelah generator FirePro melakukan proses gas discharge maka akan terjadi reaksi fisik : yaitu gas akan memutuskan reaksi kimia dengan bantuan dari energi api.
  3. Reaksi kimia : Unsur K yang lebih stabil akan mengikat unsur OH (hydroxide) dan membentuk molekuk KOH. Dengan hilangnya unsuh radikal OH, maka api lebih cepat padam. Selanjutnya setelah api padam unsur KOH bereaksi lagi membentuk CO2 dan K2CO3.

. Sehingga hasil reaksi kimia dari proses pemadaman dengan condensed aeorol ini tidak berbahanya bagi manusia. Oleh karena itu FirePro.

Demikianlah pembahasan mengenai Condensed Aerosol Firepro Cara Kerja Memadamkan Api. Silkahkan membaca produk-produk pemadaman api aerosol dari FirePro.

Jika Anda berencana untuk memasang Sistem Alarm Kebakaran silahkan berkonsultasi dulu dengan kami, agar mendapatkan perlindungan yang sesuai standar internasional maupun Nasional.

No telephone yang bisa dihubungi di 021-884-9999 atau bisa mengirimkan email ke sales@fatiha.co.id atau bisa mengisi formulir lewat Conctact Us.

Berkonsultasi menggunakan WhatsApp silahkan menekan tombol WA di sebelah kanan.

WhatsApp Konsultasi WA