Menag Lukman Hakim mengumumkan penetapan 1 Ramadhan 1440 H. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya Pemerintah melalui Kementerian Agama melaksanakan sidang Isbat. Sidang dilaksanan di Kantor Kementerian Agama. Ruang Auditorium HM Rasjidi Kemenag yang menjadi lokasinya.

Menag Lukman Hakim Mengumumkan Penetapan 1 Ramadhan 1440 H

Menteri Agama Lukman Hakim Saat Mengumumkan Hasil Sidang Isbat

Menurut informasi dari Direktur Urusan Agama dan Pembinaan Syariah, Bapak Agus Salim, Departemen Agama juga menugaskan petugas pemantau hilal. Petugas ini berasal dari Kakanwil dan Kemenag Kabupaten/ Kota di seluruh propinsi di Indonesia. Selain itu kemenag daerah juga menggandeng Ormas keagamaan setempat. Instansi-instansi terkait seperti BMKG juga dilibatkan. Total pemantauan hilal adalah 102 dari 34 Propinsi.

Selanjutnya dari hasil pantau hilal dari seluruh propinsi tersebut, Dewan isbath melakukan perhitungan dan penetapan. Menurut berita dari situs resmi setkab, Diawal sidang peserta mendengarkan perhitungan hisab yang disampaikan anggota tim Falakiyah, Cecep Nurwandaya.

Hasil akhir diumumkan bahwa semua peserta sidang bermufakat 1 Ramadhan 1440 H dimulai pada hari Senin, 6 Mei 2019. Mendengar. Setelah pengumuman ini maka seluruh umat Muslim menjalankan Sholat Tarawih sebagai tanda awal puasa.

Selain dari kemenag Sidang Isbat juga dihadiri oleh Komisi VIII DPR RI, Perwakilan duta besar dari beberapa negara sahabat. Wakil Ketua MUI, Ahli Falak dari Ormas Islam, BMKG, dan para Ahli Astronimi dari beberapa Universitas seperti ITB Bandung juga hadir.

Kami mengucapkan selamat menjalan IBADAH PUASA RAMADHAN 1440 H, kepada seluruh Ummat Muslim di Indonesia dan seluruh dunia.

Jika Anda berencana untuk memasang Sistem Alarm Kebakaran silahkan berkonsultasi dulu dengan kami, agar mendapatkan perlindungan yang sesuai Standar Internasional maupun Nasional.

No telephone yang bisa dihubungi di 021-884-9999 atau bisa mengirimkan email ke sales@fatiha.co.id atau bisa mengisi formulir lewat Conctact Us.

Berkonsultasi menggunakan WhatsApp silahkan menekan tombol WA di sebelah kanan.

WhatsApp Chat WhatsApp us